January 21, 2016

Sistem Operasi

alt gambar

Mukin sistem operasi  sudah banya yang tau apa itu sistem operasi atau operating system namun kali iniakan menjelaskan lebih rinci tentang system operasi

PENGERTIAN SISTEM OPERASI
System operasi adalah suatu perangkat lunak yang berperan untuk menjalankan perangkat keras komputer secara keseluruhan dan bertugas mengelola penggunaan sumberdaya juga menyediakan antar muka bagi pengguna untuk mengakses sumberdaya tersebut.

JENIS-JENIS SISTEM OPERASI

Sistem Operasi MS-DOS sistem operasi ini di kembangkan oleh bill gates dan paul allennpada tahun 1981. Pada tahun tersebut sistem operasi tersebut belum populer walaupun belum populer tapi anda masih bisa menemukan nya dalam sistem operasi microsoft windows namun pada saat itu windows belum multi tasking ya tentu nya masih single takskin jenis MS-DOS yang di gunakan v5.1.2600.

Sistem Operasi Microsoft Windows bisa di bilang hampir para pengguna komputer tahu sistem operasi ini. sistem operasi ini bersifat muti tasking dan juga multi user. itulah sebab nya sistem operasi ini sangat di gemari bahkan sekarang microsoft sudah mengembang kan dari versi MS-DOS yang sudah di jelas kan di atas sekarang sudah berkembang ke windows 10. yang tampilan nya flat desain dan juga mudah di unakan.

Sistem Operasi Mac OS atau Macintos Operating System. merupakan sistem operasi berbasis GUI (Ghrapical User Interface) ini di rilis oleh perusahaan Apple Computer pada tahun 1984. Saat itu Mac Os dianggap teknologi yang paling maju tapi sayang nya kehebatan ini tidak dapat di pertahan kan karena telah di saingi oleh perusahaan microsoft windows  hingga saat ini pun masih bersaing.

Sistem Operasi UNIX sistem operasi ini di kembangkan oleh perusahaan AT&T Bell
laboratories, UNIX dugunakan untuk menjalankan jaringan komputer atau bisa dibilang sistem operasi ini termasuk kedalam sistem operasi jaringan awalnya sistem operasi UNIX merupakan jenis  Comand Line Interfac. keadaan ini menyulitkan para pengguna atau user baru. namun sekara unix sudah di kembangkan menjadi GUI (Ghrapical User Interface) .

Sistem Operasi LINUX sistem operasi ini adalah pengembangan dari sistem operasi UNIX sistem operasi ini di buat oleh linus torvalds, seorang mahasiswa asal filandian. kemudian LINUX pada tahun 1991 sistem operasi ini di kembangkan oleh para proramer dunia.

 Sistem Operasi Mobile

  • SYEMBIAN sistem operasi ini di gunakan oleh sebuah perusahan ponsel yaitu nokia menggunakan sistem operasi ini terutama S40, S60, S9 dan lain- Lain
  • MICROSOFT WINDOWS MOBIL sistem operasi yang di kembangkan oleh microsoft ini mirip sekali dengan windows yang di gunakan pada komputer.  sistem operasi ini juga di gunakan oleh nokia yaitu nokia lumia juga menggunakan sistem operasi ini .
  • PALM OS sistem operasi ini di gunakan oleh PDA Keluarga PALM.
  • ANDROID sistem operasi ini merupakan sebuah sistem operasi yang banyak di gunakan oleh pengguna smart phone sistem oprasi ini merupakan pengembangan dari LINUX Yang di keluarkan oleh google.

MANAJEMEN MEMORI
Memori utama atau lebih dikenal sebagai memori adalah sebuah array dari word atau byte yang ukuranya ratusan bahkan ribuan atau bisajuga lebih.
Fungsi Memori yaitu berfungsi sebagai tempat penyimpanan data atau inruksi yang akses data nya digunakan oleh CPU dan perangkat masukan atau bisa juga keluaran.

MANAJEMEN FILE
File atau yang sering kita sebut berkas adalah sebuak kumpulan informasi yang berhubungan sesuai dengan tujuan si bembuat berkas tersebut. Umumnya file mempersentasikan program dan data.
Lalu apa hubungan nya dengan sistem operasi ya tentu ada karena sistem operasi bertanggung jawab dalam aktivitas yang berhubungan dengan manajemen file:
  • Pembuatan dan penghapusan file.
  • Pembuatan dan penghapusan direktori.
  • Mendukung manipulasi berkas dan direktori.
  • Memetahkan berkas ke secondary-storage
MANAJEMEN PROSES
proses adalah sebuah program yang sedang di eksekusi. proses membutuhkan beberapa sumber daya untuk menyelesaikan tugasnya. Alokasi sumber daya tersebut dikelola oleh sistem operasi. Misalnya, Penggunaan memory oleh CPU, File-file yang terbuka, dan penggunaan perangkat input atau output lain nya.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan Komentar Di Bawah
EmoticonEmoticon