October 17, 2016

Belajar Dasar - Dasar Microsoft Excel Sampai Mahir

Belajar Dasar - Dasar Microsoft Excel Sampai Mahir

Sebelum mempelajari dasar-dasar dari Microsoft excel Saya akan menjelaskan secara singkat Apa Itu Microsoft Excel. Microsoft Excel merupakan sebuah program Spreadsheet sering disebut  dengan MultyPlan, Fungsi dari Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi yang berfungsi untuk menghitung dan juga dapat mempersentasikan sebuah data kedalam bentuk Table Versi pertama 1.0 Excel direlese untuh System Operasi Apple Macintos Clasic pada tahun 1985 dan Windows pada tahun 1987. dan sampai sekarang Microsoft Excel Sudah Merilis yang terbaru yaitu Microsoft Office 2016.Kemudian Microsoft Excel Berubah saat Microsoft Merelease Office System 2007 dan juga memperkenalkan Office Open XML sebagai format pertamamnya.

disini saya akan menyajikan pemberlajaran dasar - dasar Microsoft Excel secara lengkap Hingga mahir Dan juga akan memperkenal kan kepada anda apa itu Menu Bar, Tab Sheet, Ribbon, Baris Formula, Judul Kolom dan yang lain nya yang akan saya jelas kan pada pembahasan dari Dasar- dasar Microsoft Excel.

Cara Membuka Microsoft Excel

Untuk memulai bagaimana Cara Membuka Microsoft Excel Pastikan anda sudah mengistal Program Aplikasi Microsoft Excel 2016 atau 2013, 2010, 2007, 2003 atau yang lainya terserah anda mau pakai yang mana tapi yang saya pakai ini adalah Microsoft Office 2016.

Cara Pertama
  1. Tentunya Anda Harus Memiliki Perangkat Komputer, Laptop, Netbook, Atau Sejenisnya
  2. Pastikan Perangkat Komputer, Laptop, Netbook, Atau Sejenisnya Sudah Nyala.
  3. Setelah Setelah Anda Memastikan Komputer Anda Menyala Tekan Tombol Start Menu -> KliK ALL Progtams, Pilih Microsoft Office.
  4. Klik Microsoft Office 2016 atau 2013, 2010, 2007, 2003 Atau Yang Lainya Terserah Anda Mau Pakai Yang Mana Tapi Yang Saya Pakai Ini Adalah Microsoft Office 2016.

Cara Kedua

  1. Pastikan Perangkat Komputer, Laptop, Netbook, Atau Sejenisnya Sudah Nyala.
  2. Kilk Duakali Pada Icon Microsoft Office 2016 atau 2013, 2010, 2007, 2003 atau yang lainya terserah anda mau pakai yang mana tapi yang yang saya pakai ini adalah Microsoft Office 2016.

Cara – Cara Diatas hanya bekerja pada system operasi windows untuk cara yang lain nya silahkan anda cari sendiri !

Lembar Kerja Pada Microsoft Excel


Setelah anda berhasil membuka Microsoft Excel anda akan melihat tampilan lembar kerja Microsoft excel. seperti gambar di bawah

Belajar Dasar - Dasar Microsoft Excel Sampai Mahir
Title Bar

Title Bar adalah judul program yang anda buka dan disana anda bisa perhatikan pada gambar di atas ada nama Dasar Dasar Excel itu adalah nama file Excel.

Menu Bar
Menu Bar merupakan Baris Menu yang berisikan File, Home, Insert, Design, Layout, References, Mailings, Review, View, dan ACROBAT pada menu tersebut berisikan Tools Box – Tools box.

Name Box 
Name Box adalah nama dari Cell Aktif kita lihat pada contoh gambar (B6) itu berarti cell aktif tersebut (B) yang berarti Kolom (B) dan (6) adalah Baris 6.

Tools Bar
Tools Bar adalah sebuah perintah khusus merupakan Sub Menu dari Menu Bar

Formula Bar
Formula Bar atau Baris Formula yang berfungsi menyajikan informasi kita bias mengawali dengan (=) untuk mengisi Rumus Formula  pada Formula Bar (Baris formula) tersebut.

Cell Aktif
Cell Aktif adalah petunjuk sel aktif antara baris dan kolom. Kita bias melakukan aktifitas kerja untuk memindahkan Cell Aktif anda bias memindah kan Cursor Mouse atau (Pointer) Kearah yang anda inginkan.

Column
Column atau Kolom adalah bidang dimana kita bias Menginput atau Output bidang tersebut berisikan banyak kolom yang di mulai (A) sampai (Z) kemudian seterus nya.

Rows
Rows atau Baris dan sering juga di sebut Rows Number yang berisikan nomor dari 1 sampai (65536) baris.

Tab Worksheet
Tab Worksheet atau Lembar Kerja kita dapat menambah Tab Worksheet baru dengan menekan New Sheet atau Lembar Kerja baru tepat di sebelah kanan Tab Worksheet tersebut.

Page Preview
Pada Page Preview terdapat 3 (Tiga) tombol yaitu Normal, Page Layout, Page Break Preview yang berfungsi untuk merubah tampilan page yang anda inginkan

Zoom
Berfungsi untuk Memperkecil atau Memperbesar Page

Fungsi Dan Rumus Dasar Microsoft Excel


Setelah anda membaca penjelasan di atas kita coba untuk langsung mengenal Fungsi Dan Rumus Dasar Microsoft Excel rumus ini juga sering digunakan dalam dunia kerja. Dalam pengetikan rumus jangan ada spasi karena tidak akan berfungsi jika kita memasukan spasi.

1. AVERAGE
Fungsi AVERAGE ini digunakan untuk menghitung atau  mencari nilai rata – rata dari data – data Numerik yang akan anda cari atau hitung kita bisa memulai nya dengan memasukan SamaDengan (=) pada  Formula Bar Contoh Penulisan:
=AVERAGE(A1:E1)
Jika sudah memasukan rumus Tekan enter Kita lihat rumus di atas (A1:E1), (A1) yang berarti baris (1) Kolom (A) sampai (E) itu adalah data yang akan kita hitung nilai rata - rata nya lebih jelas nya kita bias lihat gambar di bawah

Belajar Dasar - Dasar Microsoft Excel Sampai Mahir
2.SUM
Fungsi SUM ini digunakan untuk Menjumlahkan nilai dari data – data Numerik yang akan anda cari kita bisa memulai nya dengan memasukan SamaDengan (=) pada Formula Bar Contoh Penulisan:

=SUM(A1:E1) 

Jika sudah memasukan rumus Tekan enter Kita lihat rumus di atas (A1:E1), (A1) yang berarti baris (1) Kolom (A) sampai (E) itu adalah data yang akan kita jumlahkan lebih jelas nya kita bias lihat gambar di bawah

Belajar Dasar - Dasar Microsoft Excel Sampai Mahir
3.MIN
Rumus MIN berfungsi untuk mencari Nilai yang terkecil Dari Data – Data Numerik yang akan anda cari kita bisa memulai nya dengan memasukan SamaDengan (=) pada  Formula Bar Contoh Penulisan:

=MIN(A1:E1) 

Jika sudah memasukan rumus Tekan enter Kita lihat rumus di atas (A1:E1), (A1) yang berarti baris (1) Kolom (A) sampai (E) itu adalah data yang akan kita jumlahkan lebih jelas nya kita bias lihat gambar di bawah.

Belajar Dasar - Dasar Microsoft Excel Sampai Mahir
4.MAX
Rumus MAX Kebalikan dari rumus MIN berfungsi untuk mencari Nilai yang terbesar Dari Data – Data Numerik yang akan anda cari kita bisa memulai nya dengan memasukan SamaDengan (=) pada  Formula Bar Contoh Penulisan:

=MAX(A1:E1) 

Jika sudah memasukan rumus Tekan enter Kita lihat rumus di atas (A1:E1), (A1) yang berarti baris (1) Kolom (A) sampai (E) itu adalah data yang akan kita jumlahkan lebih jelas nya kita bias lihat gambar di bawah.

Belajar Dasar - Dasar Microsoft Excel Sampai Mahir
5.COUNT
COUNT memiliki fungsi sebagai menghitung jumlah cell yang kita pilih  kita bisa memulai nya dengan memasukan SamaDengan (=) pada  Formula Bar Contoh Penulisan:

= COUNT (A1:E1) 


Jika sudah memasukan rumus Tekan enter Kita lihat rumus di atas (A1:E1), (A1) yang berarti baris (1) Kolom (A) sampai (E) itu adalah data yang akan kita jumlahkan lebih jelas nya kita bias lihat gambar di bawah.

Belajar Dasar - Dasar Microsoft Excel Sampai Mahir
Operator Matematika Yang Sering Digunakan Di Microsoft Excel

Dalam setiap table yang kita ketih akan selalu berhubungan dengan proses penghitungan Fungsi dan Rumus oleh karena itu disini saya akan  memberitahukan kepada anda Operator Matematika Yang Sering Digunakan Di Microsoft Excel :

OPERATOR MATEMATIKA FUNGSI
+ Penjumlahan
- Pengurangan
/ Pembagian
* Perkalian
^ Pemangkatan
% Persentase

Sekian Belajar Dasar - Dasar Microsoft Excel Sampai Mahir saya akan lanjutkan pada postingan berikut nya  terus belajar berikan masukan pada kolom komentar atau contact pada blog ini apa yang kurang dari postingan ini mohom maap atas kekurangan nya kunjungi terus blog ini dan share terimakasih semoga bermanfaat .

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan Komentar Di Bawah
EmoticonEmoticon